Panen cengkeh tahun 2023 di Desa Gobleg diprediksi kembali gagal

Admin 31 Juli 2023 19:46:31 WITA

Mayoritas penduduk Desa Gobleg di Desa Gobleg utamanya di wilayah bawah Banjar Dinas Unusan, Banjar Dinas Jembong dan Banjar Dinas tengah memiliki mata pencaharian pokok sebagai petani cengkeh diprediksi di tahun 2023 ini kembali mengalami gagal panen.

Tanamam Cengkeh dalam bahasa ilmiah disebut ”Syzygium aromaticum L” merupakan salah Satu dari banyaknya tanaman rempah-rempah yang ada di Indonesia yang sampai sekarang berkembang, melihat keadaan tersebut yang telah terulang sebanyak tiga kali panen sejak 2021 yang bisa dibilang gagal karena tidak sesuai dengan harapan petani cengkeh.

Prediksi dari beberapa masyarakyat mengatakan gagal panen tahun ini disebabkan oleh beberapa faktor yakni Suhu yang kurang mendukung, Curah hujan yang berkepanjanga serta perubuhan musin yang tidak dapat di tentukan. Begitu juga prediksi hasil panen cengkeh di Desa Gobleg diperkirakan hanya 15%.

Masyarakat berharap semoga tahun-tahun yang akan datang petani bisa mendapatkan hasil yang maksimal karena hasil panen cengkeh adalah hasil pokok untuk memenuhi kebutuhan tumah tangga.

Sebagai masyarakat yang tidak memiliki kebn cengkeh, dengan gagalnya panen cengkeh tahun ini turut dirasakan oleh pekerja tukang petik cengkeh, dinilai hasil dari pekerjaan tersebut sanggat menggiurkan terlebih lagi ini  merupakan momen tahunan yang sangat ditunggu-tunggu, masyarakat mengangu perputaran ekonomi melambat dibanding dengan berhasilnya panen cengkeh.

Komentar atas Panen cengkeh tahun 2023 di Desa Gobleg diprediksi kembali gagal

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

KRITIK DAN SARAN

SILAKAN SAMPAIKAN KRITIK DAN SARAN ANDA KE SALAH SATU NOMOR BERIKUT

"KLIK PADA NAMA"


download[4]

Dukung kami dengan klik Suka!!!

×

SPACE IKLAN

Lokasi Gobleg

tampilkan dalam peta lebih besar