Potensi Alam Desa Gobleg

Admin 27 Maret 2018 08:58:36 WITA

           Desa Gobleg dengan kondisi tanah dataran tinggi dan sedang terletak diantara ketinggian 550 sampai 1.300 m dari permukaan laut, dimana luas wilayahnya seluas 19.157.100 km². Apabila dilihat dari tata guna tanah yang dimanfaatkan oleh penduduk Desa Gobleg yang sebagian besar adalah lahan Pertanian, ini menunjukkan bahwa masyarakat Desa Gobleg mayoritas bekerja sebagai Petani Perkebunan seperti Cengkeh, Kopi, Jeruk dan Bunga Hortensia dan berbagai jenis hortikultura serta petani sawah sebagai penghasil beras. Mengingat hasil bumi yang beraneka ragam maka tidak sedikit penduduk Desa Gobleg yang berprofesi menjadi wiraswasta seperti pedagang palen-palen, jual beli hasil bumi. Dimana mereka memperoleh barang dagangannya langsung  dari produsen yaitu masyrakat Desa Gobleg sendiri  yang kemudian dipasarkan ke luar wilayah seperti Denpasar, Singaraja serta kota-kota lain yang ada di Bali.

Khusus untuk persawahan di desa Gobleg ada 2 subak basah yaitu Subak Jembong dan Subak Tegallinggah. Subak Jembong dikenal sebagai penghasil padi beras merah lokal sebagai produk unggulan desa, yang memiliki nilai gizi yang tinggi serta rasa yang khas. Seiring dengan kebutuhan ekonomi dari tahun ketahun jumlah areal sawah terus berkurang sehingga produksi beras merah pun semakin menyusut. Pemerintah desa Gobleg mempunyai komitmen untuk melestarikan beras merah sebagai produk unggulan desa, hal ini ditempuh lewat bantuan pemberian bibit serta pupuk organik, serta penyaluran produksi pasca panennya.

Guna menopang perekonomian, masyarakat Desa Gobleg juga mengandalkan sektor peternakan. Hasil peternakan berupa sapi, kambing, babi dan ayam kampung. Bahkan dari hasil budidaya kambing warga maskyarakat sudah bisa meningkatkan usahanya dengan mengolah limbah dari ternak kambing itu sendiri yang dimanfaatkan kembali untuk pupuk organik yang dimanfaatkan dalam usaha pertanian. Ini membuktikan bahwa usaha peternakan yang ada di Desa Gobleg sudah mendukung perkembangan pertanian secara terpadu dan berwawasan agrobisnis.

          Selain potensi pertanian dan peternakan desa gobleg juga memiliki potensi unggulan dibidang pariwisata. Desa gobleg memiliki ponarama wisata alam yang cukup memadai yang didukung oleh daerah tujuan wisata seperti air terjun, danau tamblingan, wisata tracking.

Komentar atas Potensi Alam Desa Gobleg

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

KRITIK DAN SARAN

SILAKAN SAMPAIKAN KRITIK DAN SARAN ANDA KE SALAH SATU NOMOR BERIKUT

"KLIK PADA NAMA"


download[4]

Dukung kami dengan klik Suka!!!

×

SPACE IKLAN

Lokasi Gobleg

tampilkan dalam peta lebih besar