Kenaikan Kelas dan Pelepasan Peserta Didik SD Negeri 4 Gobleg Tahun Pelajaran 2017/2018

Rah Koko 17 Juni 2018 19:48:55 WITA

SD Negeri 4 Gobleg melaksanakan acara Kenaikan Kelas bagi peserta didik kelas 1 s.d. 5 dan pelepasan peserta didik Kelas 6 pada Hari Kamis, 14 Juni 2018 bertempat di Aula Sekolah setempat. Acara tersebut cukup istimewa karena dihadiri oleh Bapak Nyoman Semarejaya yang baru beberapa hari dilantik sebagai Perbekel Antar Waktu Desa Gobleg. Undangan lainnya yang hadir dari unsur komite sekolah, orang tua peserta didik, Kepala UPP Kecamatan Banjar yang diwakili oleh Bapak Drs. Made Juwika, M.Si.

Pada sambutannya Kepala SD Negeri 4 Gobleg, I Putu Edy Artawan, S.Ag. menyampaikan, acara kenaikan kelas peserta didik kelas 1-5 dan pelepasan peserta didik kelas 6 merupakan kegiatan akhir dari perjalanan proses pembelajaran selama satu tahun pelajaran. Setelah peserta didik mengikuti proses pembelajaran selama 2 semester yang setiap tahap diakhiri dengan evaluasi pembelajaran. Semua nilai hasil evaluasi pembelajaran tersebut di formulasikan sehingga didapat nilai akhir yang ditulis pada Buku Raport peserta didik.  Pada Tahun Pelajaran 2017/2018  SD Negeri 4 Gobleg mendidik 160 orang peserta didik. Peserta didik kelas 6 yang berjumlah 19 orang tahun ini semuanya berhasil dalam mengikuti USBN dan dinyatakan  lulus dari Satuan Pendidikan.

Sekolah yang memiliki visi : 3B yaitu “Berprestasi, Berkarakter, dan Berbudaya” beberapa peserta didiknya sudah mampu menorehkan beberapa prestasi akademik dan non akademik. Bidang akademik salah satu peserta didik atas nama Putu Candra Dewi berhasil menyabet juara 2 Olimpiade IPS yang dilaksanakan pada HUT SMPN 2 Banjar, regu cerdas cermat Agama Hindu juga berhasil melaju ke Tk. Kabupaten setelah meraih juara I LCC AH di Kecamatan pada tahun 2017. Sedangkan pada tahun 2018 regu LCC AH SDN 4 Gobleg berhasil menyabet Juara II pada tingkat gugus. Untuk prestasi bidang non akademik diantaranya, Juara I,II, dan III pada berbagai kelas pada kejuaraan Pencak Silat Raja Ida Made Rai Cup. Serta juara lainnya dari beberapa kejuaraan  yang pernah diikuti.  

Dalam sambutannya Bapak Drs. Made Juwika, M.Si mewakili Bapak Kepala UPP Kecamatan Banjar menekankan pentingnya pelaksanaan proses pembelajaran yang baik, karena proses yang baik niscaya juga akan mendapatkan hasil yang baik pula. Pendidik diharapkan selalu disiplin dalam bertugas, menjadi teladan bagi peserta didik, serta mengedepankan pendidikan karakter kepada para peserta didik disamping sisi pengetahuan dan keterampilan.

Perbekel Gobleg, Bapak Nyoman Semarajaya dalam sambutannya mengemukan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada SD Negeri 4 Gobleg yang sudah mampu melaksanakan kegiatan pendidikan secara baik dan acara kenaikan kelas bagi peserta didik kelas 1-5 serta pelepasan bagi peserta didik kelas 6. Pada posisi beliau sebagai Pembina Komite Sekolah sesuai dengan Permendikbud Nomor 75 Tahun 2016 Bapak perbekel akan berusaha untuk mendukung kegiatan-kegiatan sekolah lewat program-program desa yang tertuang pada RKP desa. Apalagi tahun ini SD Negeri 4 Gobleg ditetapkan sebagai  Sekolah Binaan pada program Sekolah Adiwiyata oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng. 

Sebelum acara kenaikan kelas dan pelepasan peserta didik  diawali dengan acara maturan sukupat/ngerasakin serta persembahyangan bersama kepala sekolah, guru-guru, siswa, dan komite sekolah di Padmasana Sekolah. Acara maturan sukupat/ngerasakin merupakan kegiatan rutin 2 tahunan yang sudah tertuang pada program kerja komite SD Negeri 4 Gobleg yang dikomandani Bapak Kadek Yudi Sastrawan. Pelaksanaan dan pembiayaan maturan sukupat mendapat dukungan penuh dari komite sekolah dan orang tua peserta didik. Persembahyangan bersama sebagai wujud rasa bhakti warga sekolah kepada Ida Hyang Widhi Wasa yang sudah melimpahkan wara nugrahanya kepada semua warga sekolah.  Persembahnyangan juga merupakan salah satu bentuk kegiatan sekolah sebagai upaya pembentukan karakter peserta didik melalui penerapan nilai religius.

Pada acara kenaikan kelas dan pelepasan peserta didik SD Negeri 4 Gobleg akhir Tahun Pelajaran 2017/2018 diisi dengan pembagian raport, piagam penghargaan, dan hadiah bagi para juara kelas. Acara juga dimeriahkan dengan berbagai atraksi kesenian, seperti seni tari, seni suara/gegitaan, seni bela diri pencak silat yang kesemuanya itu merupakan penampilan peserta didik yang tergabung pada beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SD negeri 4 Gobleg.   Bravo SD Negeri 4 Gobleg.

Komentar atas Kenaikan Kelas dan Pelepasan Peserta Didik SD Negeri 4 Gobleg Tahun Pelajaran 2017/2018

Dek ane 17 Juni 2018 20:27:41 WITA
Bravo SD 4 GOBLEG n sukses slalu buat pak mekel gobleg

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Download App Desa Gobleg

download[4]

Temukan Kami di Facebook

Dukung kamidengan klik Suka!!!

×

Lokasi Gobleg

tampilkan dalam peta lebih besar